Friday 22 November 2013

Tutorial Meremote Komputer Orang menggunakan Radmin (Remote Administrator), Team Viewer, Telnet, dan Putty


Remote adalah fasilitas yang disediakan untuk dapat berbagi file dan bisa menjalankan komputer satu dari komputer lain dengan syarat terhubung dengan jaringan. Ada beberapa software yang bisa digunakan, misalnya Radmin(Remote Admin), Team Viewer, TelNet, dan Putty.

Berikut Penjelasan Singkat tentang aplikasi yang kita gunakan dalam meremote komputer.

Remote Administrator atau yang biasa dipanggil Radmin adalah sebuah software yang digunakan dalam jaringan untuk memantau, mengontrol, dan mengendalikan semua aktifitas dalam jaringan tersebut.

Karena fungsi Radmin dapat memantau, mengontrol dan mengendalikan aktifitas dalam jaringan, tentunya hal ini dapat memudahkan seorang Administrator dalam mengelola semua komputer dan jaringan yang ada.

Tidak hanya seorang Administrator, bahkan Pimpinan suatu perusahaan atau kantor dapat mengawasi semua aktifitas karyawan mereka dengan Software Radmin ini. Jika terdapat karyawan atau staff yang sedang bermain game atau ber-Facebookan ria disaat jam kerja, maka sang Pimpinan dapat dengan mudah untuk mematikan atau menutupnya.

TeamViewer adalah suatu program yang cukup sederhana dan sangat mudah digunakan untuk beberapa keperluan terutama melakukan akses PC secara remote melalui internet.

Fitur utama TeamViewer adalah:


  1. Remote Support
  2. Presentation
  3. File Transfer
  4. VPN 
Syarat utama untuk dapat mengunakan TeamViewer adalah:
  1. Install TeamViewer di kedua PC yang akan melakukan koneksi secara remote (versi sama)
  2. Koneksi internet sudah tersambung
  3. Masukan ID dan password PC yang akan diremote. ID dan Password dapat menggunakan mode dynamic maupun ditentukan sendiri, tergantung kebutuhan saya biasa menggunakan kedua duanya tergantung situasi.

Telnet adalah suatu protokol internet yang digunakan pada internet atau local area network (LAN) untuk komunikasi dua arah berbasis teks menggunakan koneksi terminal virtual. Komunikasi telnet menggunakan protokol TCP (Transmission control protocol) dengan nomor port 23. Telnet digunakan untuk mengatur service-service umum seperti database pada komputer yang dituju.    
Telnet menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server (telnet). Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang dijalankan pada komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh computer yang menghasilkan pelayanan tadi.

Putty adalah software remote console/ terminal yang digunakan untuk meremote komp dengan terhubungnya menggunakan port ssh atau sebagainya. Biasanya yang menggunakan software Putty adalah seorang administrator dan seorang Hacker. Putty juga bisa digunakan untuk menjalankan PsyBNC, telnet dan lain-lain.

Berikut Langkah Langkahnya Untuk Meremote Komputer

0 comments:

Post a Comment