Thursday 21 November 2013

Tutorial Menggunakan MinGW Develover Studio



     MinGW Develever Studio adalah sebuah compiler bahasa c/c++ yang dibuat oleh Parinya Thichart. Compiler ini bisa dijalankan di Wxp dan W7 dan sudah bersifat GUI (Graphical User Interface), Sehingga kita bisa lebih mudah mempraktekkan dalam membuat program c/c++.


     Saya asumsikan anda telah meginstall compiler MinGW Develever Studio, bagi anda yang belum menginstall compilernya, instal maki' dlu, klo dag ada software ta' download mki di om google banyak ji itu ato mintaki sj' sma teman.ta, ato bisaji juga minta sama saya langsung, GRATIS jii .. :)

Step by step menggunakan MinGW Develover Studio.
  1. Buka Program MinGW yang telah anda instal kemudian buat project baru. 
  2. Berikan Nama Project anda dengan catatan nama yang anda berikan tidak boleh dipisahkan dengan space, pisahkan dengan “_” atau sambung saja, terserahji dari kita’ ji itu, Misalnya  Program_Pertamaku. Pilih Win32 Console Application klik OK.
  3. Setelah membuat project.y selanjutnya kita buat nama aplikasi yang akan kita buat dengan menekan “Ctrl+N”.  
  4. Nah jika sudah, maka halaman kerja kita akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini, dihalaman kerja inilah kita mengetikkan script dari program kita. Jika sudah selesai mengetikkan script program, pilih menu lalu compile atau tekan ctrl + F7, lihat gambar dibawah ini program yang sudah di compile.
  5. Jalankan program yang telah anda buat tadi cara nya dengan klik menu Build lalu pilih Build and Execute atau tekan F8, untuk melihat hasilnya lihat pada gambardibawah ini.


Demikian tutorial menggunakan  MinGW Develever Studio dari saya, semoga bermanfaat bagi anda yang baru belajar dasar dasar bahasa pemrograman C/C++. Sekian dan terima kasih telah membaca postingan saya. dan jangan pernah lelah untuk belajar.
Selamat Belajar

1 comments: